Gratis Lengkap

Monday, May 23, 2016

Paham Sugestibilitas


     Sugestibilitas bisa di definisikan sebagai cara bagaimana seseorang memberi arti dan merespons terhadap sebuah pesan yang di terima. Cara merespons ini biasanya merupakan hasil pengondisian seseorang sejak kecil sampai dewasa.

     Konsep sugestibilitas mengatakan bahwa respons setiap orang terhadap sugesti itu berbeda-beda. Menurut seorang psikolog dan pakar hipnotis USA LesLIE M. LeCron, ketika seseorang untuk pertama kalinya dihipnotis, 20% bisa mencapai trans yang dalam tanpa perlu di kondisikan terlebih dahulu. Kelompok ini dianggap memiliki tingkat sugestibilitas yang tinggi dan mudah sekali dihipnotis, sering kali disebut dengan kelompok somnambulisme, kemudian hanya 60% bisa mencapai trans medium dan 20% hanya akan mencapai trans ringan (Tad James, "Hypnosis: A Comprehensive Guide - Producing Deeptrance Phenomena, Crown House Publishing, 2000").

     Disisi lain, Dave Elman dan Milton Erickson tidak setuju dengan konsep di atas. Menurut Milton Erickson, setiap orang bisa masuk kedalam kondisi deep trance adalah sebuah keterampilan yang bisa dipelajari dan dikondisikan.

     Menurut pendapat saya, ini hanyalah perbedaan sudut pandang. Yang dibicarakan LeCron dengan persentase di atas adalah sesi pertama ketika seorang klien untuk pertama kali dihipnotis dan belum di kondisikan, sedangkan Milton Erickson melihatnya secara global. Milton Erickson sendiri pernah butuh 300x induksi untuk memunculkan fenomena deep trance pada pasiennya.

Share:

0 comments:

Post a Comment