Gratis Lengkap

Monday, May 23, 2016

Unconscious (Pikiran Tak Sadar)



    Unconscious mind sering juga disebut kesadaran tubuh atau sering juga disebut autonomic nervous system.
    Ketika kita dilahirkan, kita sudah dibekali dengan insting dan perilaku refleks, yaitu berupa program otomatis yang mengatur semua refleks dan fungsi vital tubuh seperti mengontrol detak jantung, pernapasan, tekanan darah, pencernaan, produksi enzim, hormon, dan lain lain. Itulah fungsi utama unconscious mind yang dalam kondisi normal tidak bisa anda kontrol secara sadar.
     Meskipun kurang fleksibel dan kemampuan belajarnya terbatas, reaksi dari unconscious mind bisa dikondisikan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah percobaan oleh seorang dokter Rusia yang bernama dr. Pavlov dengan seekor anjing. Dalam percobaan ini dr.Pavlov membunyikan sebuah bel tiap kali memberikan makanan kepada anjing. Lama kelamaan unconscious mind anjing ini menjadi terkondisi dengan bunyi bel. Sehingga hanya dengan membunyikan bel saja, hal itu akan memicu unconscious mind anjing untuk memproduksi air liur meskipun tidak diberi makan.
     Selain melalui pengondisian dengan cara pengulangan seperti ini, proses pembelajaran oleh unconscious mind bisa dilakukan dengan relatif lebih cepat melalui hipnotis.
     Sebagai contoh adalah reaksi alergi yang berada di bawah kontrol unconscious mind melalui hipnotis. Unconscious mind bisa belajar untuk merespons dengan cara baru sehingga reaksi alergi bisa dihilangkan.
     Karakteristik unconscious mind yang lain adalah memunculkan sensasi atau perasaan yang dialami tubuh seseorang dan disesuaikan dengan kondisi emosi yang sedang dialami, seperti sensasi dingin, kaku, lemas,dan gemetar ketika seseorang sedang merasa takut, dan perasaan rileks, hangat dan ringan pada tubuh ketika merasa aman.
     Fungsi proteksi yang ada pada level unconscious mind adalah perlindungan terhadap infeksi ketika kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh akan dinetralkan oleh sistem kekebalan tubuh dengan efektif. Fungsi proteksi lain dari unconscious mind adalah mengontrol gerakan refleks sehingga ketika tangan kita terbakar api atau tersayat, secara refleks kita akan menarik tangan tanpa harus dipikirkan lagi.
Share:

0 comments:

Post a Comment